Rekonstruksi Kurikulum Pondok Pesantren (Kajian Khusus Kurikulum PPMI Assalaam) (RECONSTRUCTION OF BOARDING SCHOOL CURRICULUM (SPECIAL STUDY OF PPMI ASSALAAM CURRICULUM)

Posted on Posted in Munawir Yusuf

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum PPMI Assalaam adalah perpaduan antara
ideologi keislaman dengan tuntutan masyarakat dan tuntutan perubahan. Problem akademik yang
muncul adalah tuntutan adanya evaluasi yang terus menerus atas kurikulum yang digunakan
di lingkungan pondok pesantren sehingga dapat selaras dengan perkembangan zaman dan
perkembangan tuntutan masyarakat.

Pengembangan Kurikulum PPMI Assalaam harus mempertimbangkan tiga hal (1) ideologi
pendirian pondok, (2) aspirasi dan harapan stake hoders, dan (3) tuntutan perkembangan zaman.
Melihat struktur kurikulum PPMI Assalaam saat ini, dengan mempertimbangkan berbagai hal,
perlu dilakukan rekonstruksi agar sesuai dengan harapan semua pihak.
Perpaduan antara kurikulum pendidikan formal dengan kurikulum kepondokan, merupakan
salah satu inti kurikulum yang harus dilakukan pengkajian. Demikian juga beban belajar yang
terlalu berat dan jumlah mata pelajaran yang terlalu banyak akan berimplikasi pada kebutuhan
SDM yang besar. Ke depan rekonstruksi kurikulum PPMI Assalaam harus dimulai dari tujuan, isi/
materi, proses dan evaluasi.

Selengkapnya silahkan membaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*